Sebuah Panduan Pemula untuk Google Search Console

Posting ini awalnya di YouMoz, dan dipromosikan ke blog utama karena memberikan nilai besar dan menarik bagi masyarakat kita. Pandangan penulis sepenuhnya sendiri dan mungkin tidak mencerminkan pandangan dari Moz, Inc
Sebuah Panduan Pemula untuk Google Search Console


Jika nama “Google Webmaster Tools” cincin lonceng untuk Anda, maka Anda mungkin sudah memiliki gagasan tentang. Apa Google Search Console adalah. Sejak Google Webmaster Tools (GWT) telah menjadi sumber daya berharga untuk begitu banyak jenis orang selain webmaster-marketing profesional, SEO, desainer, pemilik bisnis, dan pengembang aplikasi, untuk beberapa nama-Google memutuskan untuk mengubah namanya pada bulan Mei 2015 menjadi lebih inklusif dari kelompok yang beragam dari pengguna. Situs
Jika Anda tidak akrab dengan GWT atau Google Search Console, mari kita kembali ke titik awal. Google Search Console adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda belajar banyak informasi tentang situs web Anda dan orang-orang yang mengunjunginya. 
Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu hal-hal seperti berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda dan bagaimana mereka menemukan itu, apakah banyak orang yang mengunjungi situs Anda pada perangkat mobile atau komputer desktop, dan yang halaman di situs Anda paling populer. Hal ini juga dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan website, mengirimkan sitemap, dan membuat dan memeriksa file robots.txt.
Siap untuk mulai mengambil keuntungan dari semua yang Google Search Console ditawarkan? Mari kita lakukan.

Menambah dan memverifikasi situs di Google Search Console

Jika Anda baru untuk Google Search Console, Anda harus menambahkan dan memverifikasi situs Anda (s) sebelum Anda dapat melakukan ada yang lain. Menambah dan memverifikasi situs Anda di Search Konsol membuktikan kepada Google bahwa Anda baik situs pemilik, webmaster, atau pengguna lain yang berwenang. 
Setelah semua, Cari Konsol menyediakan segala macam informasi sangat rinci dan wawasan tentang kinerja sebuah situs. Google tidak ingin menyerahkan bahwa jenis informasi kepada siapa saja yang meminta untuk itu.
Menambahkan situs ke Search Console adalah proses yang sangat sederhana. Pertama, login ke account Cari Konsol Anda. Setelah Anda login, Anda akan melihat sebuah kotak di samping tombol merah yang mengatakan “Add Properti.”
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Masukkan URL situs Anda mencoba untuk menambahkan di dalam kotak dan klik “Add Properti.” Selamat, situs Anda sekarang ditambahkan ke akun Cari Konsol Anda!
Berikutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi situs Anda. Ada beberapa cara Anda dapat pergi tentang ini. Metode mana yang akan bekerja terbaik untuk Anda tergantung pada apakah Anda memiliki pengalaman bekerja dengan HTML, jika Anda memiliki akses untuk meng-upload file ke situs, ukuran situs Anda, dan apakah Anda memiliki program Google lain yang terhubung ke situs Anda. Jika ini terdengar luar biasa, jangan khawatir-kita membantu Anda mencari tahu.

Menambahkan tag HTML

metode verifikasi ini yang terbaik bagi pengguna dan pemilik situs yang memiliki pengalaman bekerja dengan kode HTML.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage Properti,” kemudian “Verifikasi properti ini.” Jika “HTML Tag” pilihan tidak muncul di bawah “metode Rekomendasi,” maka Anda harus klik pada “metode alternatif” tab dan pilih “tag HTML.” Ini akan memberikan Anda dengan kode HTML yang Anda perlukan untuk verifikasi.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Salin kode dan menggunakan editor HTML Anda untuk membuka kode untuk situs situs Anda. Paste kode yang diberikan dalam dalam & lt; Head & gt; Bagian dari kode HTML. Jika situs Anda sudah memiliki meta tag atau kode lainnya di & lt; Head & gt; bagian, tidak peduli di mana kode verifikasi ditempatkan dalam kaitannya dengan kode lain; itu hanya perlu di & lt; Head & gt; bagian. Jika situs Anda tidak memiliki & lt; Head & gt; bagian, Anda dapat membuat satu demi memverifikasi situs.
Setelah kode verifikasi telah ditambahkan, menyimpan dan mempublikasikan kode diperbarui, dan membuka homepage situs Anda. Dari sana, melihat kode sumber situs. Kode verifikasi harus terlihat dalam & lt; Head & gt; bagian.
Setelah Anda yakin kode ini ditambahkan ke homepage situs Anda, kembali ke Cari Console dan klik “Verifikasi.” Google kemudian akan memeriksa kode situs Anda untuk kode verifikasi. Jika kode ditemukan, Anda akan melihat layar membiarkan Anda tahu situs telah diverifikasi. Jika tidak, Anda akan diberikan informasi tentang kesalahan itu ditemui.
Ketika situs Anda telah diverifikasi oleh Cari Console, tidak menghapus kode verifikasi dari situs Anda . Jika kode dihapus, akan menyebabkan situs Anda menjadi tidak terverifikasi.

Meng-upload file HTML

Untuk menggunakan metode ini, Anda harus dapat meng-upload file ke direktori root situs.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian “Verifikasi situs ini.” Jika “file HTML Upload” tidak terdaftar di bawah “metode Rekomendasi,” harus terdaftar di bawah “Metoda alternatif” tab. Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Bila Anda memilih metode ini, Anda akan diminta untuk mengambil file HTML. diload, kemudian meng-upload ke lokasi yang ditentukan. Jangan membuat perubahan apapun pada isi dari file atau nama file; file harus disimpan persis sama. Jika berubah, Cari Konsol tidak akan dapat memverifikasi situs.
Setelah file HTML telah di-upload, kembali ke Cari Console dan klik “Verifikasi.” Jika semuanya telah di-upload dengan benar, Anda akan melihat halaman membiarkan Anda tahu situs telah diverifikasi.
Setelah memverifikasi situs Anda menggunakan metode ini, tidak menghapus file HTML dari situs Anda. ini akan menyebabkan situs Anda menjadi tidak terverifikasi.

Memverifikasi melalui penyedia nama domain

Penyedia nama domain adalah perusahaan Anda membeli domain dari mana atau website Anda host. Bila Anda memverifikasi menggunakan penyedia nama domain Anda, itu tidak hanya membuktikan Anda adalah pemilik dari domain utama, tetapi Anda juga memiliki semua subdomain dan subdirektori yang terkait dengan itu. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda memiliki situs web yang besar.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian “Verifikasi situs ini.” Jika Anda tidak melihat “Domain penyedia nama” pilihan terdaftar di bawah “metode Rekomendasi,” lihat di bawah “Metoda alternatif” tab.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Bila Anda memilih “penyedia nama domain,” Anda akan diminta untuk memilih penyedia nama domain Anda dari daftar penyedia yang umum digunakan, seperti GoDaddy.com . Jika penyedia Anda tidak ada dalam daftar ini, pilih “Lainnya” dan Anda akan diberikan petunjuk tentang cara untuk membuat data TXT DNS untuk penyedia Anda. Jika catatan DNS TXT tidak bekerja untuk operator Anda, Anda akan memiliki pilihan untuk membuat data CNAME sebagai gantinya.

Menambahkan kode Google Analytics

Jika Anda sudah menggunakan Google Analytics (GA) untuk memonitor lalu lintas situs Anda, ini bisa menjadi pilihan termudah untuk Anda. Tapi pertama, Anda harus dapat memeriksa kode HTML situs untuk memastikan kode pelacakan GA ditempatkan dalam & lt; Head & gt; bagian kode homepage Anda, tidak dalam & lt; Body & gt; bagian. Jika kode GA tidak sudah di & lt; Head & gt; bagian, Anda akan perlu untuk memindahkannya di sana untuk metode ini untuk bekerja.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian “Verifikasi situs ini.” Jika Anda tidak melihat “kode pelacakan Google Analytics” pilihan di bawah “metode Rekomendasi,” lihat di bawah “Metoda alternatif” tab. Bila Anda memilih “Google Analytics metode pelacakan,” Anda akan diberikan dengan serangkaian instruksi untuk mengikuti.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Setelah situs Anda telah diverifikasi, tidak menghapus kode GA dari situs Anda, atau akan menyebabkan situs Anda terverifikasi.

Menggunakan Google Tag Manajer

Jika Anda sudah menggunakan Google Tag Manager (GTM) untuk situs Anda, ini mungkin cara termudah untuk memverifikasi situs Anda. Jika Anda akan mencoba metode ini, Anda harus memiliki “Lihat, Edit, dan Mengelola” izin diaktifkan untuk akun Anda di GTM. Sebelum mencoba metode ini, melihat kode HTML situs Anda untuk memastikan kode GTM ditempatkan segera setelah situs Anda & lt; Body & gt; tag.
Dari dashboard Cari Console, pilih “Manage situs,” kemudian “Verifikasi situs ini.” Jika Anda tidak melihat “Google Tag Manager” pilihan yang tercantum di bawah “metode Rekomendasi,” itu akan muncul di bawah “Metoda alternatif.”
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Pilih “Google Tag Manager” dan klik “Verifikasi.” Jika kode Tag Manajer Google ditemukan, Anda akan melihat layar membiarkan Anda tahu situs Anda telah diverifikasi.
Setelah situs Anda diverifikasi, tidak menghapus kode GTM dari situs Anda, atau situs Anda akan menjadi terverifikasi.

Cara menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Konsol mungkin tampak seperti mereka menawarkan informasi yang sama, tetapi ada beberapa perbedaan utama antara kedua produk Google ini. GA adalah tentang siapa yang mengunjungi situs-bagaimana Anda banyak pengunjung yang Anda dapatkan, bagaimana mereka mendapatkan ke situs Anda, berapa banyak waktu mereka menghabiskan di situs Anda, dan di mana pengunjung Anda berasal dari (geografis berbahasa) . 
Google Search Console, sebaliknya, diarahkan lebih ke arah lebih internal informasi-siapa yang terhubung ke Anda, jika ada malware atau masalah lain di situs Anda, dan kata kunci yang query situs Anda muncul dalam hasil pencarian. Analytics dan Cari Konsol juga tidak memperlakukan beberapa informasi dengan cara yang sama persis, sehingga bahkan jika Anda berpikir Anda sedang melihat laporan yang sama, Anda tidak mungkin mendapatkan informasi yang sama persis di kedua tempat.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari informasi yang diberikan oleh Cari Konsol dan GA, Anda dapat menautkan akun untuk masing-masing bersama-sama. Memiliki dua alat ini terkait akan mengintegrasikan data dari kedua sumber untuk menyediakan Anda dengan laporan tambahan bahwa Anda hanya akan dapat mengakses setelah Anda melakukan itu. Jadi, mari kita mulai:
Apakah situs Anda telah ditambahkan dan diverifikasi di Search Konsol? Jika tidak, Anda harus melakukannya sebelum Anda dapat melanjutkan.
Dari dashboard Cari Console, klik pada situs yang Anda mencoba untuk menyambung. Di pojok kanan atas, Anda akan melihat ikon roda gigi. Klik di atasnya, kemudian pilih “Properti Google Analytics.”
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Ini akan membawa Anda ke daftar Google Analytics akun yang terkait dengan akun Google Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memilih akun GA yang diinginkan dan tekan “Simpan.” Mudah, bukan? Itu semua yang diperlukan untuk mulai mendapatkan hasil maksimal dari Search Console dan Analytics.

Menambahkan sitemap

Sitemaps adalah file yang memberikan mesin pencari dan web crawler informasi penting tentang bagaimana situs Anda terorganisir dan jenis konten yang tersedia di sana. Sitemaps dapat mencakup metadata, dengan rincian tentang situs Anda seperti informasi tentang gambar dan konten video, dan seberapa sering situs Anda diperbarui.
Dengan mengirimkan sitemap Anda ke Google Search Console, Anda membuat pekerjaan lebih mudah Google dengan memastikan mereka memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka lebih efisien. Mengirimkan sitemap tidak wajib, meskipun, dan situs Anda tidak akan dikenakan sanksi jika Anda tidak mengirimkan sitemap. 
Tapi ada pasti ada salahnya mengirimkan satu, terutama jika situs Anda sangat baru dan tidak banyak situs lain yang menghubungkan ke sana, jika Anda memiliki situs web yang sangat besar, atau jika situs Anda memiliki banyak halaman yang tidak benar terkait bersama-sama.
Sebelum Anda bisa mengirimkan sitemap ke Search Console, situs Anda perlu ditambahkan dan diverifikasi di Search Console. Jika Anda belum melakukannya, pergi ke depan dan melakukan itu sekarang.
Dari Cari Anda Konsol dashboard, pilih situs yang ingin mengirimkan sitemap untuk. Di sebelah kiri, Anda akan melihat sebuah opsi bernama “Crawl.” Di bawah “Crawl,” akan ada pilihan ditandai “Sitemaps.”
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Klik pada “Peta Situs.” Akan ada tombol bertanda “Tambah / Uji Peta Situs” di pojok kanan atas.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Ini akan memunculkan kotak dengan ruang untuk menambahkan teks untuk itu.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Ketik “sistem / feed / sitemap” di dalam kotak itu dan tekan “Submit sitemap.” Selamat, Anda sekarang telah mengajukan sitemap!

Memeriksa file robots.txt

Memiliki sebuah website tidak selalu berarti Anda ingin memiliki semua halaman atau direktori diindeks oleh mesin pencari. Jika ada hal-hal tertentu di situs Anda, Anda ingin tetap keluar dari mesin pencari, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan file robots.txt. Sebuah file robots.txt ditempatkan di root situs Anda memberitahu robot mesin pencari (yaitu, web crawler) apa yang Anda lakukan dan tidak ingin diindeks dengan menggunakan perintah yang dikenal sebagai robot Pengecualian Standard.
Sangat penting untuk dicatat bahwa file robots.txt yang belum tentu dijamin 100% efektif dalam menjaga hal-hal jauh dari web crawler. Perintah dalam file robots.txt adalah petunjuk, dan meskipun crawler digunakan oleh mesin pencari seperti Google kredibel akan menerima mereka, sangat mungkin bahwa crawler kurang bereputasi tidak akan. Ini juga mungkin bagi web crawler yang berbeda untuk menafsirkan perintah berbeda. File robots.txt juga tidak akan berhenti dari situs-situs lain yang menghubungkan ke konten Anda, bahkan jika Anda tidak ingin diindeks.
Jika Anda ingin memeriksa file robots.txt Anda untuk melihat secara tepat apa itu dan tidak mengizinkan, login ke Cari Console dan pilih situs yang file robots.txt Anda ingin memeriksa. Belum ditambahkan atau diverifikasi situs Anda di Search Konsol? Melakukan yang pertama.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Di sisi kiri layar, Anda akan melihat opsi “Crawl.” Klik dan pilih “Tester robots.txt.” Robots.txt Tester Alat akan membiarkan Anda melihat file robots.txt Anda, membuat perubahan untuk itu, dan itu mengingatkan Anda tentang kesalahan yang ditemukan. Anda juga dapat memilih dari pilihan dari user-agen Google (nama untuk robot / crawler) dan masukkan URL anda mengizinkan / melarang, dan menjalankan tes untuk melihat apakah URL tersebut diakui oleh crawler itu.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Jika Anda membuat perubahan ke file robots.txt Anda menggunakan tester robots.txt Google, perubahan tidak akan secara otomatis tercermin dalam file robots.txt host di situs Anda. Untungnya, itu cukup mudah untuk memperbarui sendiri. Setelah file robots.txt Anda adalah bagaimana Anda inginkan, tekan tombol “Kirim” di bawah kotak editing di bawah pojok kanan. 
Ini akan memberi Anda pilihan untuk menggunduh file robots.txt Anda diperbarui. Cukup meng-upload ke situs yang Anda dalam direktori yang sama di mana satu lama Anda adalah (www.example.com/robots.txt). Jelas, nama domain akan berubah, tetapi file robots.txt Anda harus selalu diberi nama “robots.txt” dan file harus disimpan di root domain Anda, tidak www.example.com/somecategory/robots.txt~~V.
Kembali pada alat uji robots.txt, tekan tombol “Verifikasi versi live” untuk memastikan file yang benar adalah di situs Anda. Semuanya benar? Baik! Klik “Submit versi live” untuk membiarkan Google tahu Anda telah memperbarui file robots.txt Anda dan mereka harus merangkak itu. Jika tidak, kembali meng-upload-file robots.txt baru ke situs Anda dan coba lagi.

Ambil sebagai Google dan mengirimkan indeks

Jika Anda telah membuat perubahan yang signifikan untuk website, cara tercepat untuk mendapatkan update diindeks oleh Google adalah untuk menyerahkan secara manual. Ini akan memungkinkan perubahan dilakukan untuk hal-hal seperti konten atau judul tag pada halaman untuk muncul dalam hasil pencarian sesegera mungkin.
Langkah pertama adalah untuk masuk ke Google Search Console. Berikutnya, pilih halaman yang Anda butuhkan untuk mengirimkan. Jika website tidak menggunakan ‘www.’ awalan, maka pastikan Anda klik pada entri tanpa itu (atau sebaliknya.)
Di sisi kiri layar, Anda akan melihat “Crawl” pilihan. Klik di atasnya, kemudian pilih “Ambil sebagai Google.”
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Mengklik “Ambil sebagai Google” harus membawa Anda ke layar yang terlihat seperti ini:
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Jika Anda perlu untuk mengambil seluruh website (seperti setelah update situs-lebar besar, atau jika homepage telah memiliki banyak renovasi dilakukan) kemudian meninggalkan kotak kosong pusat. Jika tidak, menggunakannya untuk memasukkan alamat lengkap dari halaman yang Anda butuhkan diindeks, seperti http://example.com/category. Setelah Anda masuk ke halaman yang Anda butuhkan diindeks, klik “Fetch dan Render” tombol. Mengambil waktu beberapa menit, tergantung pada jumlah / ukuran halaman sedang diambil.
Setelah pengindeksan selesai, akan ada “Kirim ke Index” tombol yang muncul dalam hasil daftar di bagian bawah (dekat status “Complete”). Anda akan diberikan pilihan untuk “Crawl Hanya URL ini,” yang merupakan pilihan yang Anda inginkan jika Anda hanya mengambil / mengirimkan satu halaman tertentu, atau “Crawl URL ini dan Link Direct nya,” jika Anda perlu untuk indeks seluruh situs.
Klik ini, menunggu pengindeksan untuk menyelesaikan, dan Anda selesai! Google sekarang telah mengirimkan bot pencarian untuk katalog konten baru pada halaman Anda, dan perubahan akan muncul di Google dalam beberapa hari ke depan.

kesalahan Site di Google Search Console

Tak seorang pun ingin memiliki sesuatu yang salah pada website mereka, tapi kadang-kadang Anda mungkin tidak menyadari ada masalah kecuali seseorang memberitahu Anda. Alih-alih menunggu seseorang untuk memberitahu Anda tentang masalah, Google Search Console segera dapat memberitahu Anda dari kesalahan yang ditemukan di di situs Anda.
Jika Anda ingin memeriksa sebuah situs untuk kesalahan internal pilih situs yang ingin Anda periksa. Di sisi kiri layar, klik pada “Crawl,” lalu pilih “Kesalahan Crawl.”
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Anda kemudian akan dibawa langsung ke halaman Kesalahan Crawl, yang menampilkan situs atau URL kesalahan yang ditemukan oleh Google bot sementara mengindeks halaman. Anda akan melihat sesuatu seperti ini:
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Setiap kesalahan URL ditemukan akan ditampilkan di bagian bawah. Klik pada salah satu kesalahan untuk penjelasan dari kesalahan ditemui dan rincian lebih lanjut.
Pakar SEO Console Google Panduan Pemula Search Sebuah untuk
Catat setiap kesalahan yang ditemui, termasuk screenshot jika sesuai. Jika Anda tidak bertanggung jawab untuk menangani kesalahan situs, memberitahu orang yang sehingga mereka dapat memperbaiki masalah (s).
Kami berharap panduan ini telah membantu dalam acquainting Anda dengan Google Search Console. Sekarang semuanya sudah diatur dan diverifikasi, Anda dapat mulai mengambil semua informasi yang Google Search Console memiliki untuk Anda.
Mendaftar untuk The Moz Top 10, mailer setengah bulanan memperbarui Anda pada sepuluh buah terpanas SEO berita, tips, dan link rad ditemukan oleh tim Moz. Anggap saja sebagai Anda digest eksklusif hal Anda tidak punya waktu untuk memburu tetapi ingin membaca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebuah Panduan Pemula untuk Google Search Console"

Post a Comment