7 Perairan yang Terkena Kutukan Segitiga Bermuda

Awal Januari 2013, sebuah kapal dinyatakan hilang di perairan Los Roques, Karibia. Hingga kini, keberadaan dan kondisi jutawan Vittorio Missoni dan lima awak yang menumpang kapal tersebut masih jadi misteri yang tak terjawab. Namun hal itu bukan pertama kalinya terjadi di dunia. Sejarah telah mencatat sejumlah kehilangan pesawat dan kapal yang melintas di beberapa perairan dunia. 

Beberapa di antaranya bahkan tak ditemukan, dan menyisakan misteri tak terjawab.Beberapa orang mulai mengaitkannya dengan fenomena segitiga Bermuda atau juga dikenal dengan segitiga setan. Segitiga Bermuda sendiri adalah kawasan di Miami, Puerto Rico dan Bermuda yang dipercaya sebagai lokasi yang sangat berbahaya.

Di tempat itulah berbagai kehilangan pesawat dan kapal kerap terjadi. Berbagai spekulasi mulai muncul dan mencoba menjelaskan penyebab kehilangan tersebut, namun semuanya tetap jadi teka-teki yang tak terjawab. Selain segitiga Bermuda, di mana saja perairan maut yang telah memakan korban secara misterius? Bagaimana pula fenomena yang terjadi di sana? Simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Segitiga Bermuda Atlantik

Segitiga setan yang paling terkenal tentunya adalah segitiga Bermuda Atlantik. Kawasan ini dihubungkan oleh titik-titik imajiner yang berlokasi di Miami, Puerto Rico dan Bermuda.

Misteri yang terjadi di kawasan ini tentunya sudah tak terhitung. Banyak sekali pesawat dan kapal hilang sia-sia saat melintasinya. Pencarian pun seolah tak membawa hasil.

Berbagai spekulasi muncul tentang fenomena ini. Ada yang bilang pesawat dan kapal itu masuk dalam lubang hitam raksasa di lautan, masuk dimensi lain atau ditangkap oleh alien. Bagaimana kebenarannya? Entahlah!

2. Segitiga Michigan

 
Segitiga Michigan merujuk pada sebuah danau yang terletak di Amerika Serikat. Danau mulai dianggap mistis setelah kapten George Donner menghilang misterius saat menambang batubara pada tahun 1937.

Tiga belas tahun kemudian, pesawat Northwest Airlines 2501 yang membawa 55 penumpagn dan tiga kru hilang tanpa jejak. Pesawat tersebut seolah menghilang begitu saja di udara. Bangkai pesawat tak pernah ditemukan dan menyisakan misteri tak terjawab. Beberapa saksi mata juga mengaku pernah melihat benda-benda aneh mirip pesawat beterbangan di sekitarnya. Berani membuktikan kebenaran ceritanya?

3. Perairan Sargasso

 
Perairan Sargasso memang masih bertetangga dengan segitiga Bermuda. Kawasan ini memiliki suhu hangat walaupun berlokasi di kawasan samudra Atlantik yang terkenal dingin dan membekukan. Namun yang paling penting, kawasan ini juga tak kalah mengerikan!

Sejumlah kapal sering ditemukan tanpa awak di wilayah yang dipenuhi Sargassum ini. Salah satu korbannya adalah kapal Rosalie yang berlayar pada tahun 1840. Setelah beberapa lama menghilang, kapal ini ditemukan mengelilingi lautan dalam kondisi tanpa awak dan tanpa mayat.

4. Lautan Iblis / Segitiga Naga

 
Kawasan ini terletak di kawasan samudra Pasifik, tepatnya di sekitar pulau Miyake, Jepang. Letaknya kurang lebih 100 kilometer dari kota Tokyo. Legenda Jepang kuno menyebutkan bahwa kawasan ini memang dihuni oleh sejumlah naga, sehingga dinamai segitiga naga.

Jepang sempat kehilangan lima kapal militer di wilayah ini. Study pun sempat dilakukan di sini antara tahun 1952 hingga 1954. Akhirnya Jepang sampai pada satu kesimpulan bahwa kawasan ini berbahaya.

5. Segitiga Alaska

 
Segitiga Alaska dianggap bertanggung jawab atas hilangnya 16.000 sejak tahun 1998. Setiap tahun, sedikitnya 4 dari 1000 orang Alaska dinyatakan hilang tanpa jejak di kawasan ini. Tak hanya makan korban individu, kawasan ini juga memakan korban kapal dan pesawat. Banyak ahli yang berpendapat bahwa mereka hilang akibat medan magnet yang terlalu kuat di kawasan tersebut.

6. Los Roques, Karibia

 
Baru Jumat (4/1) lalu kapal yang ditumpangi Vittorio Missoni dan lima awaknya lenyap tanpa jejak di perairan Los Roques, Karibia. Hilangnya kapal ini langsung dikaitkan dengan kutukan segitiga bermuda yang selama ini lekat di benak masyarakat.

Dugaan itu bukan tanpa dasar. Sejak tahun 1990an, kawasan ini beberapa kali memakan korban secara misterius. Peristiwa yang sama juga terjadi pada tahun 2008, di mana bangkai kapal sama sekali tak ditemukan. Orang pun beranggapan bahwa kawasan ini adalah segitiga Bermuda paling muda saat ini.

7. Segitiga Masalembo, Indonesia

 
Kutukan segitiga Bermuda ternyata juga menimpa kawasan negara kita, Indonesia. Masih ingat dengan tragedi misterius hilangnya pesawat Adam Air di awal tahun 2007. Pesawat yang memuat 102 orang tersebut lenyap tak berbekas saat dalam dalam perjalanan Surabaya ke Manado. Pesawat itu baru ditemukan empat tahun kemudian di Siompu, Buton, Sulawesi Tenggara.

Segitiga Masalembo berada di kawasan laut antara pula Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Bukan hanya Adam Air saja yang sempat tertelan di lautan Masalembo. KMP Senopati dan Kapal Tampomas juga hilang di kawasan ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Perairan yang Terkena Kutukan Segitiga Bermuda"

Post a Comment