Windows, Macinthos, dan Linux dalam 1 PC



Bagaimana kalau PC kita bisa digunakan untuk triple boot? pasti nya PC kita serasa keren ya. disini ane akan sharing gimana sich caranya menggunakan triple boot tersebut. disini Windows menggunakan versi Windows 7 Home Premium dengan BCD, Mac OS X menggunakan OS X Snow Leopard iATKOS S3 v2 dengan Chameleon Bootloader, dan GNU/Linux menggunakan BlankOn 7 Beta 1 dengan GRUB2.

Syarat dan Saran sebelum eksekusi :
  • Instal MAC OS X ke partisi primary 1 atau 2, intinya MAC OS X hanya bisa di install di partisi primary. hal ini dilakukan untuk mengatasi kegagalan saat booting
  • Windows dan Linux dapat di instal ke partisi logical.

Cara pertama : OS X Chameleon sebagai bootloader
cara pertama ini menggunakan chameleon EFI Bootloader sebagai bootloader utama yang akan memuat 3 OS tersebut. dan untuk cara ini, chameleon harus di install paling akhir setelah kedua OS lainnya terinstall.

  • Pada Windows : pada saat instalasi hackintosh, biasanya windows tidak dapat di jalankan dengan sempurna. untuk memperbaiki eror tersebut, lakukan booting dengan DVD Installer windows, kemudian pilih opsi repair your computer. dari command prompt, jalankan disk disk part, kemudian masuk ke partisi windows dan aktifkan partisi windows dengan perintah active. kemudian tutup comman prompt dan pilih startup repair. jika sudah masuk windows, jalankan lagi diskpart dan aktifkan partisi tempat Mac OS X terinstal.

  • Pada Linux : sangat disarankan lakukan hal ini sebelum instalasi Hackintosh, agar setelah repair windows kita bisa langsung menjalankan Linux BlankOn. Periksa letak dari partisi sistem/root GNU/Linux BlankOn menggunakan perintah df atau fdisk, lalu instal grub pada partisi sistem/root tempat Linux terinstal.
ketikkan perintah berikut :
sudo grub-install/dev/sdx -f
atau
sudo grub-install/dev/sdx --force
nb :  untuk dev/sdx, sesuaikan dengan partisi tempat terinstallnya Linux

Cara Kedua : Windows Boot Manager sebagai bootloader
Dengan cara kedua ini, pastikan Linux atau Mac OS terinstal terlebih dahulu karena cara ini menggunakan Windows boot loader sebagai bootloader utama. 
  • Pada Linux : instal grub pada partisi sistem/root tempat install Linux. partisi yang berisi sistem windows juga harus aktif sebagai partisi boot, dan cara untuk mengangtikannya sama seperti cara pertama di atas. untuk memudahkan konfigurasi, gunakan EasyBCD yang dapat di ambil disini. lalu jalankan add new entry, kemudian simpan settingan dan restart

Cara ketiga : Linux sebagai Bootloader
cara terakhir ini, linux sebagai bootloader untuk memilih mana os yang akan digunakan. disini, untuk windows dapat ditambahkan secara otomatis oleh sistem. sedangkan untuk Mac OS, kita harus melakukan sedikit trik.
perhatikan cara berikut : 
  • edit /etc/grub.d/40_custom menggunakan editor dan tambahkan perintah berikut ini pada baris paling akhir.
menuentry"Mac OS X Snow Leopard"{
insmod hfsplus
et root=(hd0,X)
multiboot/boot
}  
sesuaikan hd0,X dengfan letak partisi tempat Mac OS X diinstal.
untuk mengetahui letak partisi tempat Mac OS X diinstal, gunakan perintah berikut sudo fdisk -1  . setelah menambahkan opsi OS X ke /etc/grub.d/40_custom, lakukan update agar opsi tersebut ditampilkan oleh grub pada saat boot dan caranya jalankan perintah sudo update-grub. setelah semua langkh diatas dilakukan, lakukan restart dan selamat PC anda sudah bisa melakukan triple boot.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows, Macinthos, dan Linux dalam 1 PC"

Post a Comment