Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak adalah Program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi user dengan hardware dan merupakan urutan instruksi (algoritma) yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.
Contoh perangkat lunak:
1.    Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya
Macam perangkat lunak aplikasi :
a.    Software development tool : seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
b.    Software device driver : komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.
c.    Firmware  (Perangkat lunak menetap) : Perangkat ini memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan starup (menyalakan komputer).
d.    Freeware : perangkat lunak komputer yang dapat diperoleh dengan gratis dan tanpa batasan waktu. Contohnya : software browser (mozilla firefox,google chrome, opera mini), software security (smadavfree,avastfree,pandasecurity), dan masih banyak lagi.
e.    Open Source Software : jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan tetapi tetap menganut kaidah dan etika tertentu. Contohnya : Linux , Mozilla FireFox, Open Office
f.    Shareware : mengacu kepada perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering
di batasi oleh koombinasi dari fungsi, ketersedian, atau kenyamanan. Contoh : window blinds, TuneUp Utility, KIS 2010, NIS, dll
g.    Malware : perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik. Contoh :  virus komputer, worm, Trojan horse, rootkit, spyware, adware palsu, crimeware dan lain lain.
h.    Defective software : yaitu, perangkat lunak yang mempunyai lisensi sah tetapi berisi bug yang berbahaya atau kesalahan dalam proses pembuatan. Contoh : Pada Microsoft Office Excel 2007, jika anda melakukan perhitungan 850 x 77,1 pada A1 akan ditampilkan hasil 100000, seharusnya bernilai 65535.

2.    Perangkat lunak sistem operasi (ini sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya)
Untuk melihatnya, silahkan klik disini

Informasi tambahan
•    Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
-    Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
-    Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
-    Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
-    Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
-    Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
•    Status Proses
-    Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
-    Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
-    Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Lunak Komputer"

Post a Comment